EAS RK A

 

EAS - RK A

Nama  : Muhammad Zhafran Musyaffa
NRP    : 05111940000147

Soal

  1. Deskripsikan Kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional aplikasi pemesanan gedung acara. (Mandiri - Waktu pengerjaan hingga hari Selasa 07 Juni 2022 pukul 10.00)
  2. Gambarkan dan beri penjelasan model RML nya (Requirement Modelling Language)
  3. Buatlah SKPL dengan mengacu RML yang telah dibuat.
  4. Siapkan video presentasi / demo, kemudian upload di youtube dan embedded di blog.

Jawaban

1. Kebutuhan Fungsional
  • Sistem dapat menampilkan pilihan gedung yang tersedia dan tidak tersedia
  • Sistem dapat menampilkan informasi dan deskripsi gedung
  • Sistem dapat melakukan proses pemesanan gedung
  • Sistem dapat melakukan pendaftaran serta login/logout akun atau melalui akun google
  • Sistem dapat melakukan transaksi pemesanan menggunakan pembayaran otomatis terintegrasi seperti Virtual Account dan Kartu Kredit
  • Sistem dapat memberikan fitur Contact Customer Service
  • Sistem dapat melakukan pendataan secara otomatis dan real-time
  • Sistem dapat menampilkan invoice atau bukti transaksi dengan data-data yang tersedia
    Kebutuhan Non-Fungsional
  • Aplikasi dapat diakses lewat aplikasi mobile maupun desktop
  • Aplikasi digunakan memanfaatkan teknologi internet dan dapat diakses 24 jam
  • Sistem harus memastikan bahwa data yang digunakan dalam sistem harus terlindung dari pihak yang tidak berwenang
  • Sistem harus memiliki sistem pembayaran yang aman
  • Sistem menggunakan tampilan sistem bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  • Sistem memiliki tampilan yang mudah dipahami
2. Model RML
DungRent dibuat dengan tujuan untuk memecahkan permasalahan yaitu sulitnya mencari venue untuk menggelar sebuah acara. Kemudian, pemilik usaha ingin membantu para penggelar acara untuk mencari gedung yang akan digunakan untuk acara. Sistem yang dibangun akan berjalan online. Pada permasalahan 2, pengguna akan mendapatkan informasi gedung yang tersedia pada suatu waktu dan wilayah tertentu. Pengguna juga dapat melihat detil informasi gedung sebagai perbandingan gedung mana yang akan ia pilih. Dari permasalahan 2 ini menghasilkan product concept yakni Cari Gedung dan Lihat Detail Informasi Gedung. Pada permasalah 3, pengguna ingin dapat melakukan pemesanan secara online yang terintegrasi dengan sistem pembayaran. Dimana sistem pembayaran ini memungkinkan pengguna melakukan pembayaran lewat berbagai kanal pembayaran. Dari permasalahn 3 ini menghasilkan product concept yaitu Sewa Gedung dan Sistem Pembayaran. Pada permasalahan ke 4 pengguna bisa saja memiliki pertanyaan terkait informasi yang belum ia didapatkan pada sistem informasi. Sistem menyediakan layanan pertanyaan bagi user. Dari permasalahan ke 4 menghasilkan product concept yaitu Customer Service

Business Objective Model


Feature Tree




3. SKPL

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 2

ETS RK A - 2022